Langsung ke konten utama

INKAI Banyumas Ikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Kabupaten Tahun 2017

Purwokerto, hari Rabu s.d. Kamis, 15-16 Maret 2017 sebanyak total 14 atlet yang tergabung dalam Dojo INKAI SMAN 5 Purwokerto telah mengikuti kejuaraan rutin di setiap tahunnya sebagai bentuk peningkatan prestasi non-akademik pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat. POPDA sendiri diselenggarakan secara resmi dan termasuk dalam agenda rutin tahunan Dinas Pemuda Dan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (DINPORA-BUDPAR) Kabupaten Banyumas serta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (DINDIK) Kabupaten Banyumas. Kegiatan ini berjenjang dari tingkat seleksi di sekolahnya, kemudian tingkat kabupaten. Sebagai catatan setelah kegiatan POPDA Kabupaten akan berselang kejuaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang berjenjang pula dari seleksi tingkat sekolah, kabupaten, provinsi, hingga pelatnas Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia.

"POPDA ini adalah sebuah wadah yang sangat bermanfaat guna mengetahui sampai dimana kemampuan karateka selama ini berlatih tentang berbagai macam kihon, yang kemudian sebagai dasar dalam berlatih teknik kata maupun kumite." kata Dimas Hirzi, selaku Ketua INKAI Ranting SMAN 5 Purwokerto. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, pada hari pertama pertandingan kelas Kata Perorangan dari tingkat SD hingga SMA dan dilanjutkan Kumite untuk kelas SD, dikarenakan kelas tersebut mencapai 9 Pool. Kemudian pada hari kedua, dilanjutkan pertandingan untuk kelas Kumite yang terbagi menjadi tingkat SMP hingga SMA, dan masing-masing terbagi lagi ke beberapa kelas berdasarkan Berat Badan (BB) satuan Kilogram (Kg). POPDA Karate Kabupaten Banyumas diikuti oleh seluruh sekolah di wilayah Banyumas, baik sekolah tersebut memiliki ekstrakurikuler (ekskul) Karate maupun secara Individual atau pengiriman atlet perorangan melalui guru olahraga. POPDA tahun ini INKAI Banyumas mengirimkan atlet dari dojo SMAN 5 Purwokerto (kontingen ini merupakan gabungan antara atlet INKAI, dan atlet dari luar perguruan INKAI, atas nama sekolah) serta dojo SMK Giripuro Sumpiuh Banyumas.

Ekstrakurikuler Karate INKAI SMAN 5 Purwokerto yang sudah berumur 23 tahun, telah menghasilkan bibit-bibit atlet karate hingga tingkat Nasional, yang telah mengharumkan nama almamater serta wilayah domisili. Para alumni telah melanjutkan studi di beberapa Perguruan Tinggi atas prestasinya selama di bangku SMA. Ekstrakurikuler Karate INKAI SMAN 5 Purwokerto terbuka bagi seluruh siswa di SMAN 5 Purwokerto maupun untuk umum, dan bagi khusus siswa SMAN 5 Purwokerto sebagai karate-ka (sebutan untuk orang yang berlatih karate) selain perguruan dapat pula mengikuti latihan demi menjunjung tinggi nama almamater SMAN 5 Purwokerto dalam kejuaraan-kejuaraan yang dapat diikuti.

Kontingen SMAN 5 Purwokerto dan Official

Berikut perolehan medali POPDA Karate Kabupaten Banyumas Tahun 2017 di Hall Beladiri GOR Satria Purwokerto yang telah mengharumkan nama SMAN 5 Purwokerto

  • Juara 1 Kata Perorangan Putra (a.n. Moh.Raynaldy)
  • Juara 2 Kata Perorangan Putra (a.n. Aldy Bintang)
  • Juara 3 Kata Perorangan Putri (a.n. Putri Karunia)
  • Juara 1 Kumite -59 Kg Putri (a.n. Putri Karunia)
  • Juara 3 Kumite +59 Kg Putri (a.n. Winda Hayu)
  • Juara 3 Kumite -50 Kg Putra (a.n. Umbu)
  • Juara 3 Kumite -55 Kg Putra (a.n. Alifan Zen)
  • Juara 1 Kumite -61 Kg Putra (a.n. Aldy Bintang)
  • Juara 1 Kumite -68 Kg Putra (a.n. Adhiyaksa Wira)
(ros/inf).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ujian Kenaikan Tingkat (Ujian Penurunan KYU) INKAI Pengcab Banyumas

Oss salam karate! Program Kerja Rutin INKAI Pengcab Banyumas Ujian Kenaikan Tingkat / Ujian KYU / Ujian Sabuk (Ujian Penurunan KYU) yang dilaksanakan pada hari Ahad, 5 Juni 2016 bertempat di Dojo Gabungan Sumpiuh Banyumas Gedung KPRI Sumpiuh Banyumas, kegiatan dimulai pada pukul 09.00 s.d. 13.00 WIB dan seluruh Karateka INKAI Banyumas yang mengikuti Ujian berhasil LULUS 100% SELAMAT! Berikut dokumentasi kegiatan : https://www.facebook.com/media/set/?set=a.1218151761552909&type=1&l=4ab004fa75

Ujian Penurunan KYU INKAI Cabang Banyumas Smt. Gasal

(Karateka dojo SMAN 5 Purwokerto) Pada hari Ahad (Minggu) tepatnya tanggal 20 Desember 2015 telah dilaksanakan Ujian Penurunan KYU INKAI (Institut Karate-Do Indonesia) Semester Gasal untuk wilayah Cabang Banyumas, yang bertempat di dojo Serba Guna SMA Negeri 5 Purwokerto. Kegiatan ini diikuti oleh 50 karateka/i INKAI seluruh Kabupaten Banyumas, yang terdiri dari :

Karate, Perwujudan Ilmu Sains dan Sosial

Karate , adalah suatu beladiri yang berasal dari Jepang, tepatnya Okinawa . Karate terdiri dari 2 huruf Kanji yaitu: Kara (kosong), Te (tangan) dalam istilah Karate yaitu seni beladiri tangan kosong. Mengapa disebut seni? Bukankah seni identik dengan hasil karya seseorang sebagai bentuk atau hasil pemikiran jiwa manusia yang diwujudkan dalam bentuk lukisan, poster, lagu, dsb. ( Wikipedia ). Seni beladiri, memang tidak menggambar atau melukis, tidak menciptakan lagu, tidak memainkan drama atau tari, tetapi dalam seni beladiri kita belajar untuk melukis suatu hasil pemikiran jiwa sebagai bentuk reaksi tubuh terhadap suatu ancaman dari luar, belajar untuk menyanyi mars beladiri sebagai semangat juang, belajar untuk melakukan teknik jurus dengan baik dalam situasi tertentu untuk membela diri. Lalu karate? Dan apa hubungannya karate dengan ilmu sains (ilmu pasti dan ilmu sejati) dan sosial (humaniora)?